Tantangan Komunikasi Produktif Hari #3
Tantangan hari ke 3 komunikasi produktif kali ini memberikan dukungan kepada sikembar yang sedang bermain dan belajar memakai alat tulis pensil. Kenapa perlu didukung dan diberi semangat? Karena sikembar setiap diberi alat tulis pasti ummi nya yang disuruh gambar dan tidak mau memegang alat tulis sendiri. Kali ini ummi bikin permainan dadakan ala-ala ummi menggunakan gambar yang dimirip-miripin aslinya (padahal tidak mirip).
"ayoo nak kita main bersama, kita bantu monyet, kelinci dan lebah mencari makanannya"Sebelumnya ummi sudah menggambar terlebih dahulu kemudian mereka diberikan penjelasan bagaimana cara bermainnya.
"monyet ummi?" dzakiyya sambil tersenyum.
"iya sayang, kita bantu monyet, kelinci dan lebah mencari makanannya".
"yeay...." sorak mereka
"ummi ambil kertas dan pensil dulu ya? Dzakiyya dan Dzakira duduk dulu" maksud hati agar mereka menunggu tetapi kenyataannya mereka mengikuti dari belakang.
"seperti ini sayang cara mainnya, kita bantu monyetnya menemukan makanannya. Suara monyet bagaimana ya nak?"Ketika ummi mempraktekkan mereka kelihatan memperhatikan dan girang sekali. Tapi ketika mereka disuruh mencoba keduanya kompak
"uu..aa...uu..aa.." mereka menirukan suara monyet kemudian tertawa.
"makanan kesukaan monyet apa ya?"
"pisang" jawab mereka serentak
"pisang dimakan kira" (maksudnya kira makan pisang juga)
"ya, buah pisang enak semua suka pisang. Ayooo bantu monyet menemukan pisangnya"
"nda mau.. ummi aja"
"nda bisa ummi"
"bisa sayang, yuuk dicoba bersama. Kita bantu monyetnya mencari pisang"
"nda bisa ummi" jawab dzakira
"bisa sayang, pegang pensilnya dulu ya seperti ini" ummi mempraktekan
"dzakira coba dulu ya, ummi pegangin dulu tangannya" sambil mengarahkan tangan dzakira.
"monyetnya jalannya lurus yuuk kita ikutin jalannya. Jalan lurus terus.....horeee!! Ketemu pisangnya"
Dzakira terlihat menikmati sambil tertawa girang.
"sekarang dicoba sendiri ya?"
Dzakira mau mencoba dan dia mengikuti kata-kata umminya.
"horeee ketemu mi"
"pisang makan monyet" (pisang dimakan monyet)..Ahirnya mereka pun menikmati permainan yang ummi buat, sesekali diselingi dengan tawa girang karena berhasil menyelesaikan tantangannya.
"dzakira bisa, sekarang dzakiyya yang coba ya.. Ayoo bantu kelinci menemukan wortelnya"
"kelinci makan wortel" jawab dzakiyya
"wortel enak, kelinci suka wortel" jawab ummi
Otak kita akan bekerja sesuai kosa kata. Jika kita mengatakan "tidak bisa" maka otak akan bekerja mengumpulkan data-data pendukung faktor ketidakbisaan tersebut. Dalam hal ini saya memberikan kata-kata positif untuk memberi dukungan kepada skembar bahwa mereka bisa melakukan. Dengan kata BISA akan membukakan jalan otak untuk mencari faktor-faktor penyebab tersebut pada ahirnya kita BISA menjalaninya.
Belitung, 4November2017
Komentar
Posting Komentar